Event yang dinanti tiap tahun akhirnya tiba juga. Walikota Surabaya Tri Rismaharini membuka Surabaya Great Expo 2017. Acara ini rutin diadakan oleh Dinas Perdagangan Kota Surabaya sebagai ajang pemeran perdagangan, industri, investasi, pariwisata dan produk Usaha Kecil Menengah (IKM).

Pembukaan SGE 2017 ini dimulai dengan penampilan Tari Remo yang ditampilkan anak-anak. Arini Pakistyaningsih, Kepala Dinas Perindustrian dalam sambutannya menyampaikan maksud dan tujuan diselenggarakannya Surabaya Great Expo 2017 yaitu dalam Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke 724 sekaligus Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-72. Selain itu, Arini menyampaikan Surabaya Great Expo sekaligus merupakan ajang promosi produk barang dan jasa, sarana tolak ukur daya dan saing, serta wadah penyampaian informasi yg tepat dan efisien kepada masyarakat.Pameran Surabaya Great Expo 2017 ini diselenggarakan di atrium Grand City Mall pada 30 Agustus-3 September. Peserta pameran terdiri dari 118 Stand serta 157 Peserta dari Perusahaan Swasta, Nasional, Internasional, Provinsi, Kabupaten/Kota,  BUMN, BUMD, Perguruan Tinggi, Perbankan dan UKM.

Masih menurut Arini, UKM yang saat ini mengikuti pameran merupakan UKM binaan Pemerintah Kota Surabaya yang tergabung dalam Pejuang Muda dan Pahlawan Ekonomi. Selain pameran UKM, Surabaya Great Expo 2017 juga dimeriahkan dengan Peragaan Busana, Ruang Konsultasi Usaha, berbagai macam Wokshop, Kelas Memasak, hingga Demo Batik.

Sementara itu, Walikota Surabaya Tri Rismaharini menyampaikan Pameran Surabaya Great Expo tahun ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, terutama dari segi waktu. Tahun ini pameran dilaksakan lebih lama yaitu dari jam 10.00 WIB hingga 22.00 WIB. Harapannya dengan bertambahnya waktu pameran tersebut peserta pameran yang berdagang dapat lebih banyak menjual barang dan untuk peserta yang mensosialisasikan programnya dapat lebih efektif dan efisien.(mia/ynu)