Setelah belajar di Bogasari, Egg Roll, dan Spikus, hari ini (23/01) para UKM binaan Dinas Perdagangan pemkot Surabaya magang di Lapis Suroboyo Pakde Bude. Mereka disambut baik oleh owner UD. Alam Raya Serasi pak Arief Ratiyan yang dulu juga UKM binaan Dinas Perdagangan pemkot Surabaya.

Pak Arief berbagi pengalamannya memulai bisnis dari modal kecil. “Saya dulu hanya bermodal sekitar 5 juta. Sempat terbentur permasalahan sana sini dengan produksi hanya sekitar 20 box/hari. Tapi Alhamdulillah setelah ikut jadi UKM binaan Dinas Perdagangan pemkot Surabaya saya banyak belajar. Lebih enaknya lagi ada pendamping UKM yang sangat membantu mulai dari pengurusan legalitas sampai strategi pemasaran. Kini kami sudah punya 16 karyawan dan produksi mencapai 500 box/hari, bisa 1.000 box lebih ketika ada event.”

Kasi Promosi Dinas Perdagangan pemkot Surabaya bu Tati Lely Juwita mengatakan, “Tujuan kegiatan ini memberikan motivasi dan bekal bagi UKM-UKM binaan yang sedang berjuang merintis usaha. Harapannya mereka bisa mengadopsi juga mengembangkan manajerial dan strategi yang diajarkan.”