Dinas Perdagangan Kota Surabaya terus bergerak cepat untuk menguatkan ekonomi kerakyatan. Berbagai langkah dan program terus dilakukan. Seperti hari ini (02/02), sebanyak 300 lebih pelaku UKM di Surabaya mengikuti Sosialisasi Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan Motivasi Bisnis. Semua peserta tampak antusias mengikuti acara. Terlihat juga ibu-ibu yang menyimak sambil menggendong anak.

Narasumber dari Dinas Kesehatan Vika menjelaskan pentingnya sertifikat PIRT. Dia mengatakan pengurusan PIRT sekarang sangatlah mudah. Bisa diurus lewat on line di website ssw.surabaya.go.id. Berkas persyaratan cukup di-scan dan upload. Ikuti saja instruksi yang ada di website semuanya sudah jelas. “Kami berharap semua UKM di Surabaya pemasaran produknya bisa lebih luas, untuk itu perlu sertifikat Produksi Izin Rumah Tangga (PIRT) demi menjaga kualitas produk juga kepercayaan customer.” Tutur bu Vika.

Sebelum sesi Motivasi Bisnis, Kepala Dinas Perdagangan Kota Surabaya bu Arini Pakistyaningsih memberikan sedikit pencerahan dan suntikan semangat. “Dinas Perdagangan sudah menyediakan fasilitas yang sangat lengkap. Pembinaan UKM, diberi pendamping UKM, difasilitasi lapak jualan di Surabaya Square, pengurusan legalitas dibantu, kita hubungkan dengan toko Swalayan Modern dan juga platform jual beli on line. Jadi, ayo kita gerak sama-sama! ” Ujar bu Arini yang disambut tepuk tangan para hadirin. “Resep sukses bisnis yang paling mendasar adalah jangan pelit. Termasuk ilmu. Bagikan saja. Apa yang kita bagikan justru bertambah. Kemudian pikirkan pengembangan lebih. Bisnis yang besar bisa memberi kebermanfaatan yang besar pula. Bisa menyerap banyak tenaga kerja.” Ujar Motivator Bisnis dan Dosen UPN bu Marta.