Terus bersinergi dan membentuk tim yang kompak adalah fondasi yang digunakan Dinas Perdagangan kota Surabaya dalam memberdayakan UKM. Seperti hari ini (10/03) beberapa pakar dari multi disiplin ilmu diundang dalam acara Koordinasi Pembentukan Skema Pendampingan bagi UKM Binaan Dinas Perdagangan Kota Surabaya. Mereka ini perwakilan dari ITS, UNAIR, UBAYA, dan UK Petra. Tidak ada perdebatan dan silang pendapat di forum ini, semua berjalan lancar. Fokus berkolaborasi menyusun strategi yang paling efektif berdasarkan disiplin ilmu masing-masing.

Meskipun topik yang dibahas cukup serius, Prof Herry Agoes Hermadi dari UNAIR pintar mencairkan suasana supaya tidak terlalu tegang. Kerap beliau menggunakan diksi-diksi kocak namun berisi membuat hadirin tertawa lepas. Hadir juga pak John Hardi praktisi CSR dan penulis buku Strategi Pemberdayaan UKM yang sangat mengapresiasi langkah Dinas Perdagangan dalam mempertemukan para akademisi dari berbagai disiplin ilmu.

Para perwakilan dari empat Perguruan Tinggi ternama di Surabaya ini sepakat mendukung sepenuhnya program pemerintah dalam memajukan UKM, mereka siap membantu bukan hanya dari teori tetapi juga bersedia menerjunkan mahasiswanya ke lapangan untuk aktif di program pemberdayaan UKM lewat KKN (Kuliah Kerja Nyata).