Jangan lagi menganggap pasar sekarang melulu tentang mutu produk, karena saat ini yang sedang terjadi adalah perang ‘persepsi’. Sekalipun mutu produk sama, hanya produk yang bisa menciptakan kesan positiflah yang bakalan menang mencuri hati pembeli. Kesan itu bisa diciptakan lewat kemasan.

Berangkat dari betapa pentingnya kemasan, hari ini (23/04) Dinas Perdagangan mengadakan pelatihan Design Kemasan Produk. Pelatihan ini akan digelar selama tiga hari. Para pelaku UMKM binaan berkesempatan belajar langsung dari praktisi Packaging & Printing Development berpengalaman pak Nashrullah Hasin yang sekarang menjabat sebagai Direktur Lembaga Pengembangan Kemasan UMKM Indonesia.

“Kemasan jangan lagi dipahami sekadar penyimpan-pembungkus dan pelindung produk. Fungsi kemasan lebih dari itu yakni penjual bisu. Kemasan yang baik ialah kemasan yang mampu menjual dirinya sendiri.” Tutur pak Nash mengawali pelatihannya.

Menurut penjelasan pak Nash ada 5 Hal yang harus dilakukan dalam menyiapkan design kemasan:
1. Survey.
Kenali konsep design kompetitor. Mengapa customernya suka dengan produk itu. Amati kelebihan dan kekurangan dari kemasannya.

2. Design yang unik dan berkarakter.
Setelah kita pelajari design kemasan kompetitor, artinya kita sudah menemukan titik beda dari kompetitor. Buatlah yang unik, mudah diucapkan, gampang lengket di benak, tembak sisi emosi calon pembeli.

3. Sesuaikan dengan Isi Produk.
Perhatikan produk kita juga, jangan sampai sumbang atau tidak nyambung dengan produk yang dibungkus oleh kemasan.

4. Sesuaikan dengan target pasar.
Kemasan yang baik tidak harus designnya bagus banget, yang terpenting adalah kemasan itu cocok dengan konsumen yang disasar. Bisa dibedakan berdasarkan umur, jenis kelamin dan kelas ekonomi.

5. Design Alternatif.
Jangan cuma membuat satu design. Buatlah 2-3 alternatif sebagai bahan perbandingan. Ini supaya design yang fixed benar-benar yang terbaik.

Di sesi terakhir pelatihan, para peserta mendapat konsultasi gratis bagaimana memaksimalkan fungsi kemasan produk mereka.

*Untuk informasi lebih lanjut bisa check di www.kemasanukm.co.id