Program Pembinaan UMKM bersama para mahasiswa dari 5 Perguruan Tinggi (ITS, UK PETRA, UNAIR, UBAYA, dan CIPUTRA) terus berlanjut. Setelah ITS dan Petra, kini giliran mahasiswa dari UNAIR yang ambil langkah pemanasan. Hari ini (26/06) mahasiswa dipertemukan dengan UMKM binaan dan Kepala Seksi Perekonomian Kecamatan di Surabaya Barat serta Pendamping UMKM dari Dinas Perdagangan. Pertemuan ini membahas langkah teknis dan time line program kerja.

Tidak tanggung-tanggung UNAIR menerjunkan 1050 mahasiswa lintas fakultas dan jurusan untuk turut berkontribusi di program yang juga sekaligus KKN ini. Langkah awal yang akan mereka tempuh adalah assessment kondisi UMKM binaan. Ini sebagai landasan dalam menjalankan pembinaan selanjutnya. Mengetahui apa masalah UMKM binaan, apa yang mereka butuhkan, kemudian dilakukan pendampingan intensif memecahkan permasalahan tersebut sampai tuntas.

Mahasiswa ini tidak bekerja sendirian, mereka dibentuk kelompok-kelompok. Satu kelompok terdiri dari 10 Mahasiswa. “Biasanya kami KKN di luar kota. Kami sangat menyambut gerakan semacam KKN akbar ini. Memang sebaiknya kita terjun ke lingkungan sekitar dulu. Kita bantu yang terdekat.” Ujar Riyan Mahasiswa semester 6 UNAIR yang diamanahi sebagai ketua kelompok untuk kecamatan Krembangan.