“Potensi pasar e-commerce di Indonesia pada tahun 2025 diprediksi mencapai USD 46 miliar atau sekitar 52 persen dari total potensi pasar e-commerce di Asia Tenggara yang mencapai USD 88 miliar. Peluang besar ini harus kita sambut dengan sigap. Jangan sampai nanti lalu lintas perdagangan banyak beredar produk impor atau dengan kata lain produk kita kalah bersaing. Inilah salah satu alasan utama acara ini kita gelar. Kita banjiri pasar e-commerce dengan produk-produk dalam negeri.” Ujar Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah Gati Wibawaningsih saat membuka Workhshop E-Smart IKM hari ini (03/07).

Kepala Dinas Perdagangan Kota Surabaya Wiwiek Widayati juga menyampaikan bahwa pemerintah terus berupaya memberikan pelayanan dan pembinaan terbaik untuk masyarakat. “Harap bapak ibu maksimal memanfaatkan kesempatan baik ini. Kita bisa kalau bekerjasama.” Tuturnya memberikan arahan.

Peserta workhshop ini berasal dari UMKM binaan Disdag Surabaya dan pemkab Gresik khusus sektor kerajinan dan pangan.