Bidang Kerja Disperdagin

  • Sekretariat
  • Perindustrian
  • Perdagangan
  • Promosi dan Pendaftaran Perusahaan
  • Metrologi Legal
image image

Tugas Sekretariat sebagai berikut:

Pemrosesan administrasi perizinan/rekomendasi bidang perdagangan, perindustrian, pameran dan Wajib Daftar Perusahaan (WDP). Pelaksanaan koordinasi perencanaan program, anggaran danlaporan dinas. Pelaksanaan pembinaan organisasi dan ketatalaksanaan. Pengelolaan administrasi kepegawaian. Pengelolaan surat menyurat, dokumentasi, rumah tangga dinas, kearsipan dan perpustakaan. Pemeliharaan rutin gedung dan perlengkapan/peralatan kantor.

 

Sebagian tugas Bidang Industri sebagai berikut:

Pemrosesan teknis perizinan/rekomendasi sesuai Bidangnya. Penyelenggaraan, pelaporan dan rekomendasi atas pedaftaran petunjuk penggunaan (manual) dan kartu jaminan/garansi dalam bahasa Indonesia bagi produk teknologi informasi dan elektronika skala kota. Penerbitan tanda daftar industri dan IUI skala investasi sampai dengan Rp. 10 miliar tidak termasuk tanah dan bagunan tempat usaha. Penerbitan berita acara  pemeriksaan dalam rangka penerbitan IUI oleh pemrintah dan provinsi.

image image
 
image image

Tugas Perdagangan sebagai berikut:

Pemrosesan teknis perizinan/rekomendasi sesuai Bidangnya. Pembinaan dan pengawasan pelaksanaan izin jasa bisnis dan jasa distribusi di wilayah kota. Pembinaan dan pengawasan, monitoring dan evaluasi serta pemberian izin perdagangan barang kategori dalam pengawasan skala kota (SIUP minuman beralkohol golongan B dan C untu Pengecer, Penjualan Langsung untuk diminum di tempat untuk minuman).

Tugas Bidang Promosi dan Pendaftaran Perusahaan sebagai berikut:

Pemrosesan teknis perizinan/rekomendasi sesuai Bidangnya. Pembinaan dan pengawasan pelaksanaan pendaftaran jasa bisnis dan jasa distribusi di wilayah kota.Pengawasan, pelaporan pelaksanaan dan penyelenggaraan serta penyajian informasi pelaksanaan wajib daftar perusahaan skala kota. Pembinaan dan pengawasan, pemberian izin dan rekomendasi skala tertentu, monitoring dan evaluasi sarana penunjang perdagangan (jasa pameran, konvensi dan seminar dagang) skala lokal.Pembinaan dan pemberdayaan PPNS – WDP skala kota.

image image
 
image image

Tugas Metrologi Legal sebagai berikut :

Pengelolaan, pemeliharaan dan pelayanan tera/tera ulang. Pelaksanaan ketatausahaan UPTD. Pelaksanaan operasional metrologi legal. Pelaksanaan tera/tera ulang alat-alat Ukur,Takar,Timbang dan Perlengkapannya (UTTP). Pelaksanaan penerimaan dan penyetoran retribusi pelayanan tera/tera ulang ke Kas Umum Daerah. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya. Pengelolaan, pemeliharaan dan pelayanan tera/tera ulang. Pelaksanaan tera/tera ulang alat-alat Ukur,Takar,Timbang dan Perlengkapannya (UTTP).

 

 

Tentang Dinas

  • 1
  • 2